Rabu, 20 Februari 2013

Facebook dan Alay



Tahun 2013 gini, ABG mana sih yang gak punya account facebook. Facebook itu mungkin diibaratkan sebagai tolak ukur kegaulan mereka. Facebook itu wajib dimiliki buat ngepost kegiatan-kegiatan supaya temen, atau temen dari temen itu tau setiap kegiatan kita. Tapi facebook juga bagaikan pisau bermata dua. Contohnya, banyak penculikan melalui facebook. Anehnya lagi, hal itu sudah marak terjadi tapi tetep aja ada yang kena lagi. Emang cara mereka itu beda-beda dan begitu kreatif. Sisi baiknya, facebook dapat sebagai sarana promosi usaha yang jitu, jitu banget malah. Bisa juga cari-cari temen lama yang mungkin dari bayi belum pernah ketemu.
Menurut pandangan gue sih, facebook itu sarana curhat, tapi curhatnya gak yang lebay dan alay gitu ya. Curhatnya yang biasa aja, contohnya: ‘ini modem kenapa lelet banget ya? Apa mesti beli modem baru?’ setelah update status gitu minimal ada 1 comment dan 1 like, comment-nya juga gak penting-penting banget jadinya gak perlu direply.  Facebook itu juga cara gue buat jadi update berita. Gak seru banget kalo temen-temen pada asik dan antusias banget ngomongin status si A yang debat sama si B tapi kita gak tau dan bahkan gak ngerti kalo diceritain ulang sama temen yang lain. Gue berasa bukan ABG sesungguhnya kalo gak punya facebook.
Facebook juga tempatnya orang-orang alay dan agak labil. Setiap menit update status, setiap menit upload foto, setiap menit ngelike dan komentar (itu lo facebook-an atau bernafas). Pengaruh gadget juga sih ya. Kalo gadgetnya semakin canggih, efek kegaulan seseorang juga naik se-level. Gitu sih kayaknya. Back to the topic, alayers (sebutan untuk orang alay) di facebook juga sudah menyebar diseluruh dunia. Gak tau juga sih alayers itu ada juga gak ya di luar negeri. Tapi intinya di Indonesia alayers memang sudah menjadi hal yang wajar.
Alay itu juga merupakan tahap menuju kedewasaan. Kalo orang belum alay berarti dia belum hidup namanya. Alay itu ada macem-macem, contohnya ada yang nama facebooknya aja yang alay ‘Uthuu Yanii Shiitulalieet Lollaloadinqq, itu nama salah satu temen gue difacebook dan sekaligus temen di kampung. Gue yakin kok, suatu saat nanti syndrome alay-nya pasti akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Ada juga alay yang tulisannya bener-bener alay, contohnya ‘arie in quwh bner2 cneng beuds, alnyah dy liat2ind quwh’. Ada juga yang ditambah akses huruf besar-kecil dan angka serta symbol yang gue bener-bener gak tau fungsinya buat apa. Mungkin mereka mau ngetes IQ temen-temen facebooknya. Contohnya ‘epPie beSdeY iyAacHh, wYatB gBu’. Itu sebenarnya lebih memberikan efek pada kerusakan mata daripada sekedar ngetes IQ seseorang. Yang terakhir itu alayesr yang suka upload foto-foto alay, foto-fotonya pun dia sendiri yang pakai 1 baju dengan beberapa shoot foto. Biar keliatan cantik dan imut, diedit sedikit kecerahannya yang tembem pipinya ditirusin yang kulit gelap diputihin. Balik lagi ke kecanggihan gadget nih. Ada foto seseorang yang diambil dari atas dengan senyum lebar, entah apa maksudnya tapi menurut gue itu gak mempengaruhi apa-apa karena terakhir kali gue foto kayak gitu jatuhnya malah jadi kayak karikatur, apa mungkin gue-nya yang gak bisa foto kali ya. Ada juga yang fotonya didepan cermin kalo punya gadget baru, ada yang nyengir kuda buat pamer behel dan terakhir fotonya melotot kekamera supaya orang-orang pada tau kalo dia pakai softlens. Ada-ada aja ya.
Tapi sejujurnya dan dengan berat hati gue mengakui kalau dulu gue pernah mengalami fase alay, tepatnya pas gue duduk di bangku SMP. Pertama kali tau facebook, pertama kali tau tulisan alay, foto alay dan gimana rasanya dipanggil alay. Padahal saat itu yang panggil gue dengan sebutan alay itu lebih alay daripada gue, aneh ya. Tapi sealay-alaynya gue, sekarang gue sudah menuju fase berikutnya yang sudah berhenti pakai nama account facebook alay, berhenti pakai tulisan alay dan berhenti foto-foto yang disebut alay walaupun kangen juga sih. Semoga kalian-kalian para alayers bisa segera dan cepat menuju tahapan berikutnya juga digantikan oleh generasi alay yang baru.
My facebook account : Devi Maristka Andika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar