Selasa, 05 Maret 2013

Bukan Sahabat, Lebih Dari Teman




Manusia itu makhluk sosial. Perlu temen, perlu partner, perlu orang-orang yang bisa diajak interaksi. Entah saling kenal atau gak, interaksi itu perlu supaya kegiatan sosial kita normal setiap harinya. Coba deh, sehari aja gak melakukan kegiatan interaksi, lo itu kayak manusia ditengah kumpulan banteng. Lo gak tau mereka baik atau gak, respect atau cuek, ramah atau jutek, salah-salah bisa diseruduk. Gak enak kan!
Bicara soal temen, kalian pasti punya temen kan. Gue juga punya (yaiyalah). Temen itu macem-macem ya, ada yang egois, ada yang sok tau, ada yang banyak omong, ada yang suka pamer, ada yang sok baik padahal ada maunya, dan banyak lagi deh. Tapi gitu-gitu mereka itu temen kita lho. Gimana kita bisa nempatin diri aja kalo lagi bareng mereka.

Gue mau certain salah satu temen gue yang baru gue kenal waktu pembagian kelas di SMA. Seneng banget ketemu temen yang rumahnya bisa dibilang lumayan deket sama gue. Bisa pergi bareng, berangkat sekolah bareng, buat tugas bareng, sampe lupa sama rumah sendiri pada saat itu. Dulu, gue sama dia selalu sharing tentang apapun, selalu cerita apapun, kayak ngegosipin temen, ngegosipin gosip, sampe fakta pun digosipin. Terlalu banyak deh hal-hal indah yang gak bisa gue tulis, itu cuma bisa diinget aja.
Sampe suatu saat, ada masalah yang bener-bener kompleks dan parah banget. Gue tau itu salah gue, tapi namanya juga anak muda ya, agak gengsi (banget sih) dan gak berani mulai duluan buat minta maaf. Sampai gue dimusuhin gitu sama cewek-cewek sekelas. Kasian gue ya (banget). Memang gitu ya rasanya di-bully. Tertekan, gak bisa berbuat apa-apa, nengok kanan-kiri aja serasa risih. Sedikit nyeleweng, diomongin. Sedikit ngejauh dari kelas ketemu temen-temen OSIS, diomongin juga. Tapi gue yakin aja sih, kalo waktu itu pasti berpihak sama gue, entah itu kapan. Karena gue golongan minoritas atau bisa dibilang cuma sendiri sih, gue yang deket-deketin mereka yang jauhin gue, termasuk deketin sahabat gue yang musuhin gue, memang karena kesalahan gue. Seiring berjalannya waktu, atau mungkin memang masing-masing dari kita udah capek dan gak sanggup kalo sekelas masih musuhan, kami akrab kayak kami sebelumnya. Jauh lebih akrab malah. Kami itu maksudnya gue sama Christy (sahabat yang musuhin gue).
Gue mulai jalan-jalan bareng, curhat-curhat lagi, sampe masalah yang bener-bener hanya gue dan dia aja yang tau, ngegosipin temen lagi, ngegosipin fakta lagi, kerja sama pas ujian sekolah, kerjasama kalo ada ulangan (kerjasama lho ya, bukan nyontek), sampe kerjasama kalo mau bolos sekelas. Sampe sekarang mau lulus pun, daftar SNMPTN bareng, cari universitas yang sama dan doa yang sama juga supaya gue dan dia lulus dengan nilai diatas rata-rata dan bisa lulus di universitas itu. Sempet gue benci banget sama dia dan berfikir kalo gue sama dia gak akan sedeket ini lagi. Tapi sekarang pikiran gue itu salah. Seberapa besar benci gue sama dia dulu, gue bisa lupain semuanya. Seberapa sakit gue dijauhin gara-gara dia dulu, semuanya udah gue simpen dihati dan jadiin batu loncatan bahwa gue gak selamanya diterima dimasyarakat, gue harus bisa jaga sikap, jaga diri, jaga mulut, jaga perasaan temen dan orang disekitar.
Jadi, kalo kalian lagi musuhan sama sahabat atau temen kalian, buru deh baikan. Gengsi memang ya, tapi ya baikannya agak dimanipulasi dikit lah. Biar gak keliatan banget niat baikan. Tapi kan minimal ada niat lah ya, itu aja udah cukup kok. Sampe saat ini, gue ngerasa Christy memang bukan lagi sahabat gue, tapi dia lebih dari sekedar temen. Catet ya, bukan dari sekedar temen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar